Hukum & Kriminal

pariwisata kabupaten jember

Hujan Deras, Tebing di Desa Penawungan Ranuyoso Lumajang Longsor

  • Senin, 12 Februari 2018 | 20:52
  • / 26 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 82 kali
Hujan Deras, Tebing di Desa Penawungan Ranuyoso Lumajang Longsor

Memontum Lumajang — Terjadi longsor di jalan masuk RT 15 RW 06 Dusun Kembang Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso kabupaten Lumajang, longsor terjadi pada sebuah tebing akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut, Senin (12/2/2018) pagi sekitar pukul 03.00 wib.

Akibat kejadian ini akses jalan penghubung antara Dusun Kembang dengan Dusun Karang tengah ini sempat sulit dilalui karena sebagian ruas jalan tertutup oleh longsoran tanah.

Menurut Arifin, warga sekitar lokasi, menceritakan bahwa longsor baru ia ketahui saat ia hendak pergi bekerja.

“Saat hendak berangkat kerja jalan sudah tertutup longsor,” terangnya.

Melihat kondisi demikian dirinya bersama warga berdatangan untuk melakukan perbaikan dengan dibantu personil TNI dari Koramil Ranuyoso dan langsung bergotong royong bahu membahu menggunakan sarana dan prasarana yang ada membersihkan meterial longsor. Diakuinya, jalan penghubung ini memang sering rawan longsor. Dikarenakan tebing tinggi yang ada serta minimnya pepohonan besar penyangga.

Sementara itu, Kopka Imron Babinsa Desa Penawungan kecamatan Ranuyoso menyampaikan jika pihaknya sudah memonitoring terjadinya longsor ini. dengan berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat berikut warga sekitar pihaknya bersama – sama membersihkan material longsor yang menutup sebagian badan jalan.

“Kami bersama Kades, melibatkan warga langsung melakukan pembersihan jalan yang terdampak longsor dengan menggunakan pelatan seadanya,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dikarenakan lokasi jauh dari pemukiman warga, hanya jalan penghubung. Namun selama proses pembersihan, sejumlah warga harus memutar arah untuk beraktifitas melintasi Dusun Gunung Mejo Desa Wonoayu Kecamatan Ranuyoso.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional