Hukum & Kriminal

pariwisata kabupaten jember

Pasca Banjir di Porong , Warga 3 Desa Keluhkan Bau Tak Sedap dan Gatal-Gatal

  • Senin, 4 Desember 2017 | 17:54
  • / 15 Rabiul Uula 1439
  • Dibaca : 105 kali
Pasca Banjir di Porong , Warga 3 Desa Keluhkan Bau Tak Sedap dan Gatal-Gatal
Kades Candipari, M Ghozali saat di ruang kerjanya. (gus)

Memontum Sidoarjo — Pasca banjir di 6 desa, di kecamatan Porong, warga mulai terjangkit diare, gatal-gatal, batuk dan pilek. Mereka warga terdampak banjir itu, mendatangi posko kesehatan yang berada di masing-masing desa, seperti halnya di desa Candipari, Senin (4/12/2017) kemarin.

Kepala Desa Candipari, Porong M Ghozali menyatakan, “Kendala utama memang dari akibat banjir, dan kami arahkan ke posko kesehatan di kantor balai desa. Memang sebagian warga, mengalami gatal-gatal, diare. Selain dampak banjir juga, menyebabkan bau sampah, bangkai dan lain-lainya,” ucapnya.

“Tidak hanya itu, aliran saat ini nampak keruh. Itu juga, terjadi pada sumur warga. Kami berharap, setelah kejadian itu, warga minta fogging (penyemprotan), serta obat untuk menghilangkan bau pada sumur. Dan normalisasi saluran sungai, sehingga kejadian ini tidak terulang kembali,” ungkap Ghozali

Sri Idayati (kiri) dan Nur Afifah (kanan) menunjukkan data pasien pasca banjir di tiga wilayah kecamatan Porong. (gus)

Sri Idayati (kiri) dan Nur Afifah (kanan) menunjukkan data pasien pasca banjir di tiga wilayah kecamatan Porong. (gus)

Kepala Puskesmas Kedungsolo, Porong, dr Irhamni melalui petugas medis, Sri Idayati (bidan) dan Nur Afifah menjelaskan, “Angka tertinggi penyakit diderita warga pasca banjir, di tiga desa adalah penyakit gatal-gatal. Penanganan pertama kepada penderita, diberikan obat salep.”

Ditambahkan Sri Idayati, “Standar pelayanan, juga kami sesuaikan. Keluhan warga ini termasuk pengobatan. Kita diberikan secara cuma-cuma. Catatan yang masuk di buku daftar pasien, dari tiga desa adalah diare 10 %, gatal-gatal lebih dari 75 %. Sedangkan sisanya, penyakit linu, batuk pilek,” tandasnya. (gus/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional