Hukum & Kriminal

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

Pasangan Pernikahan Sejenis Dituntut 1 Tahun Penjara

  • Jumat, 9 Maret 2018 | 20:45
  • / 21 Jumadil Akhir 1439
  • Dibaca : 211 kali
Pasangan Pernikahan Sejenis Dituntut 1 Tahun Penjara

Memontum JemberSidang pembacaan tuntutan pasangan pernikahan sejenis dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jember Jl Kalimantan, Kamis (8/3/2018). Setelah selesai menjalani sidang pembatalan akta nikah, pasangan pernikahan sejenis yang menghebohkan warga Jember beberapa waktu lalu. Kini harus menjalani sidang pidana dugaan pemalsuan keterangan dalam memperoleh akta nikah.

Dalam sidang pembacaan tuntutan yang dilaksanakan kamis sore di Pengadilan Negeri Jember, kedua pelaku dituntut 1 tahun hukuman penjara.

Jaksa Penuntut Umum Nur Khoyin menjelaskan, pasangan pernikahan sejenis sudah batal secara hukum berdasarkan keputusan Majelis Hakim Pengadilan Agama beberapa waktu lalu. Sehingga yang bersangkutan tinggal menjalani sidang dugaan pidananya.

( baca juga : Heboh! Pernikahan LGBT, KUA Ajung Mengaku Kecolongan )

Setelah dilakukan penyidikan, dengan sejumlah barang bukti diduga kuat terdakwa dengan sengaja memalsukan data identitas masing-masing untuk mengelabuhi petugas KUA dan aparat desa setempat, sehingga terbit surat nikah asli tapi palsu.

Akibat perbuatannya, jaksa penuntut umum menuntut kedua pasangan pernikahan sejenis tersebut 1 tahun penjara sebagaimana pasal 263 KUHP.

( baca juga : Pasangan LGBT Ajung Berujung di Bui )

Sebelumnya sekitar bulan Oktober 2017 lalu, warga Panti di gegerkan terjadinya pernikahan sejenis antara MF yang merupakan warga Panti, dengan PA warga Ajung. Agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat, polisi mengamankan keduanya dan dibawa ke Mapolres Jember untuk menjalani proses. (cw3/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional