Hukum & Kriminal

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Jelang Lebaran, Banyak Gepeng Berkeliaran di Lamongan

  • Selasa, 5 Juni 2018 | 00:36
  • / 21 Ramadhan 1439
Jelang Lebaran,  Banyak Gepeng Berkeliaran di Lamongan

Memontum Lamongan – Menjelang lebaran tiba, banyak masyarakat yang memenuhi pusat-pusat perbelanjaan untuk mempersiapkan segala kebutuhan di hari Lebaran, hal ini dimanfaatkan oleh Gepeng (gelandangan dan pengemis). Keberadaan mereka bisa terlihat di kawasan pasar dan lampu lalu lintas tak jarang keberadaan mereka dirasa sangat mengganggu aktifitas masyarakat.

Hal ini di akui petugas Satpol PP Lamongan Kasi Operasi Bambang Yustiono, Ia mengatakan memasuki pertengahan bulan puasa atau menjelang lebaran mulai bermunculan keberadaan gepeng di pusat Kota Lamongan. “Saya akui, keberadaan gepeng mulai berkeliaran di sekitar pusat keramaian jelang akhir Ramadhan,” kata Bambang Yustiono, Senin (04/06/2018).

Tak hanya itu, menurut Dia keberadaan mereka memanfaatkan ramainya para pengunjung yang mulai memadati pasar dan pusat keramaian lainnya. Bahkan tidak jarang keberadaan mereka dirasa sangat mengganggu baik pengunjung maupun pemilik toko karena suka memaksa ketika meminta-minta. “Keberadaan mereka tersebar di beberapa titik, tapi sasaran utamanya berada dipasar baru atau pasar tingkat, pasar ikan dan pasar Sidoarjo serta di beberapa traffik light,” ungkapnya.

Disingggung keberadaan gepeng yang dirasa meresahkan, Bambang mengatakan pihak Satpol PP akan mengintensifkan razia karena sesuai Perda Nomor 4 Tahun 2007 tentang ketentraman dan ketertiban di Lamongan. “Kita akan lakukan razia terhadap keberadaan gepeng agar tidak mengganggu masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bambang menambahkan sesuai prosedur yang ada gepeng yang terjaring razia diserahkan ke Dinas Sosial untuk pembinaan lebih lanjut. “Kalau yang terjaring razia usianya lanjut dikembalikan ke keluarganya masing-masing namun jika masih muda dikirm ke Surabaya untuk diberi keterampilan,” pungkasnya. (bis/zen/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional