Hukum & Kriminal

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Paus Balin Ditemukan Mati Mengambang di Pantai Duta Randutatah Paiton

  • Rabu, 6 Juni 2018 | 20:25
  • / 22 Ramadhan 1439
  • Dibaca : 143 kali
Paus Balin Ditemukan Mati Mengambang di Pantai Duta Randutatah Paiton
Bangkai Paus yang mengambang di pantai Duta Randutatah (istimewa)

Memontum Probolinggo – Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo mengatakan bahwa Paus yang ditemukan mati mengambang dan terdampar di Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo tersebut termasuk Paus jenis Balin.

“Ikan paus tersebut adalah jenis Balin. Panjangnya sekitar delapan meter dan lebarnya hamper 3 meter. Ini kondisinya sudah membusuk, melihat kondisinya kemungkinan Paus ini mati 3 atau empat hari,”terang Yunianto, Kasi Pendayagunaan Sumber Daya Pesisir, Diskan Kabupaten Probolinggo, kepada memontum.com, Rabu (6/5/2018).

Yunianto juga menambahkan, Paus jenis Balin ini diduga mati karena luka pada ekor sebelah kanannya. “Kemungkinan luka itu, bisa terkena baling-baling kapal nelayan, atau bisa juga luka karena goresan dari batu karang yang tajam,”tambahnya.

Paus Balin yang terdampar berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai ini kata Yunianto, tidak dilakukan evakuasi ke daratan, melainkan hanya evakuasi diseret ke tengah laut saja.

“Jadi tidak dilakukan evakuasi seperti penguburan atau dibakar. Paus ini hanya dievakuasi ke tengah lautan saja. Karena hanya satu ekor, dan kondisinya sudah membusuk,” jelas dia.

Paus terdampar tersebut, jika tidak segera seret ke tengah maka akan mengganggu warga di sekitar lokasi, karena tambah lama baunya semakin menyengat.

“Karena Paus yang ditemukan mati terdampar di Pantai Duta sudah cukup lama, 3 hingga 4 hari yang lalu, karena ditubuh Paus Balin ini selain warna cokelat, sebagian juga sudah menghitam,”kata Yuinianto. (Pix/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional