Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Dugaan Plagiasi Pembantu Rektor I UIN Maliki, Polisi Kembali Hadirkan Prof Imam Suprayogo

  • Selasa, 10 Juli 2018 | 22:07
  • / 26 Syawal 1439
  • Dibaca : 283 kali
Dugaan Plagiasi Pembantu Rektor I UIN Maliki, Polisi Kembali Hadirkan Prof Imam Suprayogo
Prof Imam Suprayogo bersama Subaryo SH Ketua presidium Forum Independen Masyarakat Malang Raya usai memberikan keterangan tambahan di Mapolrea Malang Kota. (gie)

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Independen Masyarakat Malang Raya mengadukan Pembantu Rektor I, Dr HM Zainudin MA, ke Polres Malang Kota atas dugaan melakukan plagiat.
Subaryo SH,ketua presidium Forum Independen Masyarakat Malang Raya menyebutkan bahwa ada bagian buku yang ditulis oleh Zainudin diduga mengambil tulisan Prof Dr Imam Suprayogo.

“Buku karya Zainudin berjudul ‘Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab’ ada bagian yang sama persis dengan buku karya Pak Imam Suprayogo berjudul ‘Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi’. Tidak mencantumkan daftar Pustaka nama Pak Imam Suprayogo.,” ujar Subaryo.

DR HM Zainudin, Sabtu (14/4/2017) malam, akhirnya angkat bicara. Dia mengatakan bahwa tuduhan yang selama ini dilayangkan kepadanya terkait aksi plagiat tidak benar. Hal itu dikarenakan buku buatannya yang berjudul Paradigma Pendidikan Terpadu : menyiapkan generasi Ulul albab yang diterbitkan oleh UIN Press Tahun 2008 di Bab V sudah ada catatan kaki (Foot note) yakni “Naskah pada bab ini diadaptasi dari konsep integrasi ilmu dan agama yang ditulis oleh Prof Imam Suprayogo, Rektor UIN Malang.

“Menyiapkan generasi Ulul Albab, Tahun 2008. Dalam buku itu pada Bab V, saya memasukan tulisan beliau (Imam Suprayogo) dari makalah yang ditulis dan dari naskah yang saya edit dengan In’am Esha dalam buku yang berjudul Horizon baru Pengembangan pendidikan Islam, UIN press 2004.

Dalam Bab V dalam buku itu saya beri judul Pendidikan Terpadu Mazhab UIN Malang. Dalam Bab itu sudah ada catatan kaki bahwa konsep itu diadaptasi dari konsep intregitas ilmu dan agama yang ditulis Prof Imam Suprayogo. Karena adaptasi, saya maknai sebagai pandangan umum beliau terkait dengan konsep intregitas ilmu dan agama yang dimaksud,” ujar Zainudin.(gie/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional