Hukum & Kriminal

POLITEKNIK NEGERI MALANG
space ads post kiri

Plengsengan Sungai Bedadung Terancam Dibongkar

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:47
  • / 26 Muharram 1439
  • Dibaca : 245 kali
Plengsengan Sungai Bedadung Terancam Dibongkar

# Wasdal DPU Pengairan Provinsi Pastikan Tak Berijin

Memontum Jember – Proses pembangunan Plengsengan Sungai Bedadung oleh Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mendapat rekomendasi untuk dibongkar setelah Tim dari Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan (Wasdal) Dinas PU Pengairan Jawa Timur mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi ini muncul setelah tim melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lokasi proyek pembangunan Plengsengan senilai Rp. 4,3 Milyar tersebut.

Turhadi kepala UPTD Dinas Pengairan Provinsi kepada media mengungkapkan, setelah dilakukan sidak bisa dipastikan jika pembangunan Plengsengan tersebut tidak memiliki Ijin dan bisa membahayakan harta dan nyawa bagi masyarakat di pinggiran sungai bedadung. Terutama yang berada diada  sisi Selatan IAIN Jember, yang berada di wilayah lingkungan Klanceng – Desa Ajung.

“Sungai sebagai salah satu sumber air mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat, perlu dijaga kelestariannya dan kelangsungan fungsinya dengan mengamankan daerah sekitarnya,” ujar Turhadi kepala UPTD Dinas PU Pengairan Jatim.

Oleh sebab itu, berdasarkan dari hasil Sidak, bisa dipastikan jika pembangunan Plengsengan tersebut telah melebihi batas Sepadan Sungai. Turhadi meyakini, setelah melihat kondisi lokasi, dipastikan pembangunan Plengsengan ini telah menyalahi aturan dan harus dibongkar.

“Kita belum proses ijinnya, jadi pembangunan Plengsengan ini dipastikan tidak berijin, dan cukup membahayakan keselamatan warga yang ada dipinggiran sungai bedadung,” imbuhnya.

Pihaknya saat ini sebelumnya telah meminta pihak IAIN untuk menghentikan proses pembangunan Plengsengan tersebut.
Dengan adanya proses pembangunan plengsengan oleh pihak IAIN yang justru memakan batas sepadan sungai dan mempersempit lebar sungai bedadung. Tidak menutup kemungkinan bakal membawa dampak yang lebih fatal bagi masyarakat Lingkungan Klanceng – Desa Ajung.    

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional