Hukum & Kriminal

space ads post kiri

Dugaan Plagiasi PR 1 UIN Malang, Polisi Tunggu Kabar Dirjen HKI

  • Kamis, 2 Agustus 2018 | 19:13
  • / 20 Djulqa'dah 1439
  • Dibaca : 232 kali
Dugaan Plagiasi PR 1 UIN Malang, Polisi Tunggu Kabar Dirjen HKI
Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Jumbo . (gie)

Memontum Kota Malang – Petugas Polres Malang Kota terus melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan plagiasi yang dilakukan oleh PR I UIN Dr Zainudin. Bahkan kini penyidik Polres Malang Kota sedang menunggu kabar dari Dirjen HKI (Hak Kekayaan Intelektual) apakah ada plagiasi atau tidak.

Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Yadwivana Jumbo Qantasson SH SIK, pada Kamis (2/7/2018) siang di Mapolres Malang Kota. ” Penyelidikan terus berlangsung termasuk memeriksa saksi-saksi. Saat ini kami masih menunggu keterangan ahli dari dirjen HKI. Kami masih menunggu konfirmasi untuk datang ke Jakarta,” ujar AKP Jumbo.
Nantinya setelah ada keterangan dari Dirjen HKI, maka pihak Polres Malang Kota akN melakukan gelar. ” Kita masih menunggu dari HKI untuk memperkuat penyelidikan. Baru setelah itu kami akan melakukan gelar.Semoga Minggu depan sudah selesai,” ujar AKP Jumbo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Independen Masyarakat Malang Raya mengadukan Pembantu Rektor I, Dr HM Zainudin MA, ke Polres Malang Kota atas dugaan melakukan plagiat.
Subaryo SH,ketua presidium Forum Independen Masyarakat Malang Raya menyebutkan bahwa ada bagian buku yang ditulis oleh Zainudin diduga mengambil tulisan Prof Dr Imam Suprayogo.

“Buku karya Zainudin berjudul ‘Paradigma Pendidikan Terpadu, Menyiapkan Generasi Ulul Albab’ ada bagian yang sama persis dengan buku karya Pak Imam Suprayogo berjudul ‘Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi’. Tidak mencantumkan daftar Pustaka nama Pak Imam Suprayogo.,” ujar Subaryo.

Baca Juga; Dugaan Plagiat PR I UIN, Polres Malang Kota Didesak Tingkatkan Status Penyidikan

DR HM Zainudin, Sabtu (14/4/2017) malam, akhirnya angkat bicara. Dia mengatakan bahwa tuduhan yang selama ini dilayangkan kepadanya terkait aksi plagiat tidak benar. Hal itu dikarenakan buku buatannya yang berjudul Paradigma Pendidikan Terpadu : menyiapkan generasi Ulul albab yang diterbitkan oleh UIN Press Tahun 2008 di Bab V sudah ada catatan kaki (Foot note) yakni “Naskah pada bab ini diadaptasi dari konsep integrasi ilmu dan agama yang ditulis oleh Prof Imam Suprayogo, Rektor UIN Malang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional