Hukum & Kriminal

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

Januari-Oktober Polres Situbondo Tangani 12 Kasus Pemerkosaan

  • Minggu, 5 November 2017 | 19:55
  • / 15 Safar 1439
  • Dibaca : 263 kali
Januari-Oktober Polres Situbondo Tangani 12 Kasus Pemerkosaan

Memontum Situbondo — Kekerasan seksual terhadap perempuan masih cukup tinggi. Selama Januari hingga Okotober tahun ini, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Situbondo, menerima 12 kasus laporan pemerkosaan.

Dari jumlah tersebut satu diantaranya kekerasan seksual anak dibawah umur atau kasus pencabulan.

Pernyataan ini disampaikan Kanit PPA Polres Situbondo Aipda Novi, saat melakukan sosialiasi di kantor UPT Badan Pendapatan Daerah Provinsi, kemarin.

“Jumlah pemerkosaan dan pencabulan bisa jadi akan berambah hingga akhir tahun ini. Meski demikian kata Novi, jumlah kekerasan seksual tahun ini sudah menurun dibandingkan tahun 2016 silam,“ kata Novi.

Novi menerangkan, mayoritas kekerasan seksual disebabkan karena faktor Sumber Daya Manusia. Masyarakat yang berpendidikan rendah berpotensi menjadi pelaku maupun korban. Selain itu, ada pula karena factor broken home.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayan Pusat Terpadu Perlindungan Anak dan Perempuan Pemkab Situbondo, dr. Imam Hariyono mengatakan, menurunnya angka pelecehan seksual, disebabkan karena kesadaran masyarakat sudah cukup tinggi.
Imam Hariyono menambahkan, “pada tahun 2016 lalu, PPTPA menangani 34 kasus pelecahan seksual.

Rinciannya, pemerkosaan 15 kasus dan pencabulan 19 kasus. Sedangkan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), menempati urutan kedua yaitu 18 kasus. Satu diantaran kasus KDRT korbannya adalah seorang suami,”tambahnya. (ed/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional