Hukum & Kriminal

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

Dobel Anggaran, TPST Watesari Dikerjakan Asal-asalan

  • Kamis, 27 September 2018 | 21:36
  • / 16 Muharram 1440
  • Dibaca : 64 kali
Dobel Anggaran,  TPST Watesari Dikerjakan Asal-asalan
TPS di desa Watesari yang dibangun Pemda Sidoarjo dengan sumber dana APBD dan Silpa. (par)

Memontum Sidoarjo – Walau dibangun dengan 2 sumber dana yang berbeda, bangunan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Desa Watesari. Padahal dana yang digelontorkan untuk tempat pemgolahan sampah itu tergolong besar. Nilainya Rp 250 juta lebih . Masing-masing sumber dana dari APBD Th 2018 sebesar Rp 175.972.000, dan dari SILPA Rp 76.731.000.

Dikhawatirkan pemanfaatannya tidak maksimal. Pasalnya dari kondisi lapangan, lantai sudah terjadi retakan . Dan lambat laun dikawatirkan terjadi penurunan sehingga lantai akan rusak. Ketidakseriusan rekanan pelaksana pembangunan proyek Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Sidoarjo tersebut juga napak pada urukan . Sirtu uruk di halaman depan dan belakang nampak rapi hanya pada sisi depan dekat jembatan .

Namun pada sisi dalam, urukan nampak kurang , ditandai nampak ada penurunan. Lebih parah lagi pada sisi belakang urukan sangat kurang dan tidak padat.

Kondisi urukan yang kurang itu dikhawatirkan saat musim hujan, semakin lama sekakin turun dan akan terjadi genangan air. Akhirnya bisa dipastikan aktifitas warga dalam melaksanakan perannya membantu pemerintah Sidoarjo mengelola sampah tidak akan maksimal.

Kepala Desa Watesari, Sukisno, mengharap TPST tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan fasilitas yang memadai. ” Dengan TPS itu mudah mudahan pengelolahan sampah di Watesari lebih baik, namun kami belum mendapat penyerahan jadi belum bisa memanfaatkan , “jelasnya .

Terkait kondisi bangunan dan urukan, Kades menyatakan jika masalah fisik bangunan itu kewenangan dinas dan tentu dikoreksi berdasarkan RAB nya. “Memang beberapa waktu lalu saya melihat tumpukan sirtu disana, kalau masih kurang saya tidak tahu, ” pungkasnya. (par/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional