Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

PT LLI Obral Sedikitnya 50 Surat Dukungan Kosongan

  • Selasa, 30 Oktober 2018 | 23:50
  • / 19 Safar 1440
  • Dibaca : 105 kali
PT LLI Obral  Sedikitnya 50 Surat Dukungan Kosongan
CONTOH SEPTITANK : Satu unit septitank contoh yang dipajang di halaman kantor PT LLI produsen sekaligus distributor bio septitank bersertfikat . (fan)

* Membongkar Persekongkolan Pengadaan Jamban Sehat Bagi Masyarakat Miskin (2/bersambung)

 
Memontum Sidoarjo – Bau aroma tak sedap terjadinya persekongkolan pelaksanaan proyek pengadaan jamban sehat bagi masyarakat miskin yang dilelang ULP (Unit Pengadaan Lelang) Bagian Pengadaan dan Jasa Sekertariat Daerah Kabupaten Sidoarjo semakin menyengat. Itu setelah Ketua LSM Cepad Kasmuin menemukan data , jika PT LLI telah menerbitkan lebih dari 50 surat dukungan kepada rekanan peserta lelang

Dari 50 surat dukungan yang diobral PT LLI itu , beberapa diantaranya kosongan. “ Kami menemukan data surat dukungan yang diterbitkan PT LLI tanpa menyebutkan berapa harga dan berapa unit septitank yang dipesan . Surat dukungan itu digunakan sebagai dokumen saat lelang di ULP,” kata Kasamuin.

Dan pemegang surat dukungan kosongan ini akhirnya memenangkan lelang pengadaan jamban sehat bagi warga miskin yang dilaksanakan ULP. Namun dengan kemenangan lelang itu, kontraktor tak bisa bekerja karena terkendala pengadaan septitank.

“ Kontraktor terkejut ketika klarifikasi harga ke PT LLI dipatok dengan harga Rp 3 juta/unit. Padahal di perusahaan lain harganya/unit pada kisaran angka Rp 2,4 juta. Tetapi karena terikat dengan surat dukungan, mau tidak mau harus mengambil bio septitank dari PT LLI,” terangnya.

Kasmuin yang juga pendamping program Feminisasi Kemiskinan Perempuan lebih lanjut mengatakan, jika dengan harga yang ditetapkan PT LLI menanggung resiko terhambat pekerjaannya. Mereka akan rugi atau menabrak aturan dengan mengambil bio septitank kepada distributor yang lain.

Baca : Membongkar Persekongkolan Pengadaan Jamban Sehat Bagi Masyarakat Miskin (1)

“ Disinilah peran Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk melakukan pengawasan apakah pengadaan bio septitank sesuai dengan sepesifikasi,” ungkap Kasmuin.

Selain pengawasan terhadap kontraktor, juga perlu dilakukan investigasi mendalam kepada oknum ULP dan oknum Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemkab Sidoarjo yang mengarahkan rekanan meminta surat dukungan kepada PT LLI dengan harga bio septitank Rp 2,7 juta/unit. (par/fan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional