Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Satu Rumah Hanyut Terseret Arus Sungai Awal Musim Penghujan

  • Selasa, 27 November 2018 | 21:00
  • / 18 Rabiul Uula 1440
  • Dibaca : 150 kali
Satu Rumah Hanyut Terseret Arus Sungai Awal Musim Penghujan
rumah Muzamil yang terseret arus

Memontum Kota Batu – Intensitas hujan yang lebat membuat aliran sungai meningkat cukup tajam dalam beberapa hari ini. Akibatnya, dua rumah yang terletak di pinggir sungai rusak bahkan hanyut terbawa arus sungai. Total ada 1 rumah hanyut dan satu mengalami kerusakan ringan. Tepatnya di Jalan Salak, RT 31 RW 7, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo.

Karena kejadian ini, satu keluarga pun mengungsi kerumah tetangga sebab takut jika sewaktu-waktu arus kencang akan membahayakan jiwa mereka.

Menurut Ahmad Muzamil pemilik rumah yang hanyut tersapu arus menjelaskan, awalnya hujan deras mengguyur hari Minggu kemarin, (25/11/2018). Karena lokasi desanya berada di wilayah paling rendah di Kota Batu, belum lagi rumahnya tepat di samping sungai, seluruh air hujan memenuhi Sungai Brantas.

“Kemarin hujan deras sejak siang hari, arus sungai semakin deras. Tiba-tiba rumah hanyut, sebelumnya saya sudah khawatir dan keluar rumah dan menumpang di rumah tetangga. Kejadian Minggu pukul 8.00 WIB malam mas,” jelas Ahmad, Selasa (27/11/2018).

Untuk kerugian, Ahmad belum bisa mengkalkulasi berapa nominalnya, karena hanya menyisahkan satu ruang kamar tidur, hampir 80 persen rumah amblas hanyut.

” Ya tinggal satu kamar saja mas. Belum saya total kerugiannya,” tambah dia. Selain itu, ada salah satu rumah atas nama Bapak Bukori mengalami rusak ringan kemudian satu keluarga atas nama Bapak Ahmad Muzamil yang terdiri dari tiga orang mengungsi ke rumah saudara.

“Saat ini pihak kami langsung melakukan kaji cepat, pemberian bantuan mendesak untuk korban dan koordinasi dengan pihak Desa Pendem,” jelas Rochim, salah satu anggota BPBD Kota Batu, Selasa (27/11/2018).

Memang, laporan warga kepada pihak BPBD terlambat, namun tidak menyurutkan langkah BPBD untuk membantu dan mensterilkan lokasi. Rekomendasinya, pemberian bantuan stimulant untuk membangun kembali rumah korban.

“Sekarang personil gabungan terlibat membersihkan lokasi diantaranya, BPBD, aparat Pemdes Pendem dan warga sekitar. Pesan warga yang rumahnya berada disepanjang aliran sungai diharapkan untuk lebih berhati-hati saat hujan datang,”pungkasnya. (bir/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional