Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Evakuasi 9 Pendaki Gunung Kelud yang Tersesat Tuntas

  • Selasa, 7 November 2017 | 22:32
  • / 17 Safar 1439
  • Dibaca : 201 kali
Evakuasi 9 Pendaki Gunung Kelud yang Tersesat Tuntas

Memontum Kediri — Setelah semalaman melakukan penyisiran di kawasan perbukitan Gunung kelud sisi Blitar, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kediri dan Blitar, berhasil mengevakuasi kesembilan pendaki yang kabarkan hilang tersesat. Saat ditemukan dua dari pendaki wanita dalam kondisi pingsan, dan keduanya dievakuasi menggunakan tandu melewati jalur curam di Desa Tulungrejo Kabupaten Blitar.

Sedangkan tujuh orang pendaki yakni empat pria dan tiga wanita dalam kondisi masih bisa berjalan juga dievakuasi tim SAR melewati jalur Puncak Sumbing, area Margomulyo Kabupaten Kediri. Evakuasi yang dilakkukan di sisi barat lereng Gunung Kelud ini, juga terjadi kendala. Karena ketika berada dititik evakuasi satu pendaki wanita terpaksa ditandu karena kelelahan usai berjalan jauh menyusuri jalur ekstrim dengan tingkat kemiringan sekitar 80 derajat.

Identitas para pendaki yakni sebanyak 9 mahasiswa bernama Arik, Miswa, Santi, Ani dan Nani, Agus, Sutris dan Raka. Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randi Agata mengatakan, pihaknya menyerahkan penanganan seluruh pendaki itu ke BPBD Kabupaten Blitar, karena jalur masuk para pendaki itu melewati wilayah Blitar.

“Ada tujuh pendaki yang berhasil dievakuasi melalui jalur Kediri. Sebagai tanggap bencana kami ikut membantu dan menyerahkan para pendaki itu ke BPBD Blitar guna penanganan lebih lanjut,” tutur Randi Agata saat berada dititik pejemputan 500 meter dari bibir kawah Kelud.

Berdasarkan informasi dari BPPD Kabupaten Kediri, kejadian tersesatnya kesembilan pendaki otu berawal dari tracking dari Desa Tulungrejo Kabupaten Blitar pukul 09.00 Wib. Salah satu pendaki wanita bernama Nani pingsan sekitar pukul 15.00 WIB, karena cuaca yang ekstrem dan hujan lebat yang terjadi dilokasi pendakian itu diduga kuat menjadi penyebab daya tahan para pendaki menjadi drop.

Ketika ada laporan itulah Tim SAR Gabungan BPBD Kabupaten Kediri bersama SAR Basarnas dan TNI, POLRI akhirnya berhasil mengevakuasi parapendaki yang tersesat di Puncak Gunung Kelud.

Setelah sampai di titik evakuasi, ambulan telah dipersiapkan, pendaki yang sakit langsung mendapatkan penanganan medis dan langsung dibawa ke Puskemas untuk penanganan lebih lanjut.(hyo/im/edi/aji)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional