Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Tanggul Kali Kresek Jebol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

  • Senin, 18 Februari 2019 | 20:42
  • / 12 Jumadil Akhir 1440
  • Dibaca : 65 kali
Tanggul Kali Kresek Jebol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

Memontum Kediri – Hujan deras yang disertai angin yang mengguyur wilayah Kabupaten Kediri selama 2 jam, mengakibatkan tanggul Kali kresek jebol sepanjang 8 meter, yang berada di Dusun Putih Desa Putih Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jum’at (15/2/2019). Akibatnya, puluhan hektare lahan persawahan milik warga yang berdekatan dengan bibir tanggul terendam air.

Kepala badan penanggilangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Kediri R.Randy Agatha Sakaira, S.IP, M.Si mengatakan, hujan deras disertai angin selama 2 jam, mengakibatkan tanggul sungai kresek jebol sepanjang 8 meter, dengan kedalaman air 2,5 meter dan lebar tanggul 3 meter. “Jebolnya tanggul dikarenakan, air menggerus tanggul melalui lubang tikus. Akibatnya, lahan persawahan milik warga yang berdekatan dengan bibir tanggul terendam air, ” beber Randy.

BPBD Kabupaten Kediri, lanjut Ramdy, apabila tidak segera ditangani dapat berdampak air akan merembet ke pemukiman warga sekitar. ” Saat ini, anggota URC-PB BPBD Kabupaten Kediri melakukan assessment sudah ada penanganan pembenahan tanggul dengan menggunakan patok, sesek dan bahan banner yang tidak terpakai. Pembenahan tanggul dilaksanakan oleh Warga masyarakat bersama 3 Pilar, ” ungkapnya.

Dalam musibah ini, BPBD Kabupaten Kediri melakukan assessment terkait tanggul jebol tersebut dan memberikan bantuan bahan untuk penanganan darurat berupa terpal 1 lembar ukuran 8×6, gelangsing 1.500 buah, sesek 12 lembar, patok 24 buah. (im/mid/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional