Connect with us

Jember

Terbawa Arus Sungai, 2 Ekor Buaya Muara Sempat “Jalan-Jalan” di Jember

Diterbitkan

||

Terbawa Arus Sungai, 2 Ekor Buaya Muara Sempat Jalan-Jalan di Jember

Memontum Jember – Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember mengamankan 2 ekor buaya dari pemukiman warga, buaya tersebut diketahui tidak berada di habitat aslinya, diduga terbawa arus sungai deras saat hujan beberapa waktu kemarin.

Kepala BKSDA Wilayah III Jember Setyo Utomo saat dikonfirmasi wartawan Kamis (21/2/2019) siang, di kantornya yang berada Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember mengatakan Penemuan buaya jenis muara itu ada di 2 lokasi yakni Kabupaten Jember dan Bondowoso.

“Jenis buaya muara yang kami amankan dari dua lokasi berbeda, untuk umurnya, yang satu masih anakan sekitar 4 bulan, dan satunya lagi ukuran 1,5 meter umur sekitar 2 atau 3 tahun,” ujarnya.

Untuk buaya yang ukuran kecil, kata Setyo, ditemukan bersama warga di kawasan Jalan Letjen Panjaitan Anggrek, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. “Sedangkan satunya di wilayah Pakuniran, Kabupaten Bondowoso,” sebutnya.

Penemuan 2 ekor buaya ini sambung Setyo diduga karena terbawa arus sungai deras, Karena terbawa arus sungai deras, dan saat didapatkan tidak berada di habitat aslinya.

Menurut Setyo, dengan penemuan dua buaya tersebut, menambah satwa lainnya yang diterima Kantor BKSDA Wilayah III Jember dari masyarakat.

“Selain buaya ini, juga ada landak, 3 kera ekor panjang, 2 landak, dan seekor lutung. Jadi total ada 9 satwa yang kami amankan,” ungkapnya.

Lanjut Setyo, BKSDA mendapat hewan ini dari masyarakat, diserahkan secara sukarela, karena ada yang memelihara tidak mampu merawat, ada juga yang karena tidak tahu jika satwanya dilindungi.

“Satwa-satwa tersebut, akan dibawa untuk ditangkarkan dan dititipkan di tempat penangkaran hewan di Kota Batu, Malang Jawa Timur, ” pungkasnya. (yud/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler