Hukum & Kriminal

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

Guru Cabul Resmi Jadi Tersangka

  • Rabu, 13 Maret 2019 | 20:56
  • / 6 Rajab 1440
  • Dibaca : 26 kali
Guru Cabul Resmi Jadi Tersangka
Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Komang Yogi Arya Wiguna. (gie)

Memontum Kota Malang – Setelah melakukan gelar perkara pada Selasa (12/3/2019) siang, petugas Polres Malang Kota akhirnya menetapkan IM (58) oknum guru olah raga SDN Kauman 3 Kota Malang, sebagai tersangka kasus dugaan pencabulan terhadap para murid nya.

Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Komang Yogi Arya Wiguna SH SIK, saat dikonfirmasi Memontum.com melalui sambungan telpnya Rabu (13/3/2019) sore. ” Setelah gelar perkara tingkat penyidikan pada Selasa kemarin, IM kami tetapkan sebagai tersangka,” ujar AKP Komang.

Namun saat ini, IM masih bisa menghirup udara bebas dikarenakan petugas kepolisian belum melakukan penahanan. Rencananya dalam minggu ini, IM akan diperiksa kembali sebagai tersangka.

” Ditahan atau tidak, kami masih menunggu pemeriksaan IM sebagai tersangka. Semoga bisa dilakukan dalam minggu ini, namun jika tidak bisa akan kami lakukan awal pekan depan,” ujar AKP Komang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, IM diduga telah melakukan pencabulan kepada sejumlah siswi-siswi nya. Guru PNS yang sebentar lagi pensiun ini disebut-sebut telah mencabuli dengan cara memegang payudara dan kelamin siswinya.

Ada 2 wali siswi yang sudah membuat pengaduan ke Polres Malang Kota. Bahkan pada Senin (11/2/2019) pagi, Walikota Malang Drs Sutiaji secara langsung mendatangi SDN Kauman 3 untuk kroscek kebenaran kabar tersebut

Petugas Polres Malang Kota akhirnya meningkatkan status penyelidikan menjadi penyidikan terkait dugaan pencabulan yang dilakukan oleh IM, oknum guru oleh raga SDN Kauman 3 Kota Malang. Dengan demikian, sudah mendekati penetapan IM sebagai tersangka kasus pencabulan.

IM sendiri sekitar 5 bulan lagi pensiun dari PNS. Dengan demikian, jika terbukti mencabuli puluhan siswi nya , maka dia akan menikmati masa tuanya di balik jeruji besi. Sebab Pasal 82 UU No 35 Tahun 2014, sudah menantinya sebentar lagi.

Dalam pemeriksaanya beberapa hari lalu, secara garis besar IM sudah mengakui perbuatannya. ” Dari hasil pemeriksaan Sabtu kemarin, secara garis besar yang bersangkutan mengakui. Namun saat ini kami masih mendalami saksi-saksi,” ujar AKP Komang Yogi, Kasat Reskrim Polres Malang Kota, Senin (26/2/2019) pagi.

Baca : Oknum Guru Cabul SDN Kauman 3, Dilakukan Saat Siswi Ganti Baju Usai Olahraga

AKP Komang mengatakan saat ini audah ada titik terang terkait kasus ini. “Sudah ada titik terang. Sudah kita tingkatkan ke penyidikan. Ada perkembangan yang siknifikan pemenuhan alat bukti yang mengarah ke tindakan cabul. Dalam waktu dekat pemeriksaan saksi akan kita komplitkan. Wali murid, guru, pihak Dinas Pendidikan akan kami periksa juga sebagai saksi. Ini sudah semakin mengerucut sehingga bisa kita proses,” ujar AKP Komang.

Untuk sementara IM masih kooperatif kepada petugas. ” Saat ini masih kooperatif. Apakah nanti ada upaya paksa atau tidak. Modusnya pas selesai jam olah raga, saat siswi ganti baju yang bersangkutan ada dugaan melakukan proses pencabulan. Ada proses meraba dan meremas pada Desember 2018. Saat ini sudah ada 2 orang tua korban yang melapor,” ujar AKP Komang. (gie/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional