Connect with us

Hukum & Kriminal

Dua Kali Kebakaran di SPBU Lumajang, Siapa Lalai?

Diterbitkan

||

Dua Kali Kebakaran di SPBU Lumajang, Siapa Lalai

Memontum Lumajang – Kebakaran yang terjadi di Area SPBU di Kabupaten Lumajang Jawa Timur sempat membuat gempar bahkan menyita perhatian publik hingga saat ini, Minggu (2/6/2019). Masyarakat meminta pihak terkait serius dalam menindaklanjuti perkata ini. “Kejadian ini menghawatirkan Pak, takutnya pas kami mengisi BBM terjadi kebakaran, tolong ditindak lanjuti karena kebiasaan seperti itu sepertinya sudah merata di semua SPBU di Lumajang” ujar Anto Warga Lumajang.

Musibah kebakaran terjadi pada dua areal SPBU di Lumajang, namun pada lokasi dan waktu yang berbeda. Diduga ada kelalaian dari pihak terkait sehingga musibah ini terjadi. Kebakaran yang pertama, terjadi di dekat SPBU di Dusun Kedung Pakis Pasirian Lumajang pada Minggu malam (26/5/2019). Satu unit mobil carry nopol N 1876 YH, hangus terbakar usai melakukan pengisian BBM di SPBU setempat.

Mobil tersebut milik Prakoso (25), seorang guru Honorer asal Desa Padang Gucialit. Membuat mata yang memandang terbelanga, selain kepanikan umum, pada puing sisa meterial yang terbakar, terdapat pada bagian belakang mobil, ada kotak berbentuk persegi panjang tak ubahnya penampungan BBM melebihi kapasitas isi mobil sejenis pada umumnya. Sumber terpercaya pada media ini menginformasikan, jika mobil tersebut sudah dimodifikasi untuk menampung BBM untuk dijual kembali sesudahnya.

Kapolsek Pasirian AKP Zainul Arifin saat dihubungi via cellularpun usai kejadian, terkesan enggan berkomentar. Ia mengatakan, jika perkara ini sudah dilimpahkan ke Polres Lumajang.

Sementara musibah kebakaran yang kedua, terjadi di area SPBU Desa Sumberjati Kecamatan Tempeh Lumajang, semalam Sabtu (1/6/2019). Satu unit sepeda motor tanpa plat nomer milik Rendy (25) warga setempat juga hangus terbakar usai melakukan pengisian BBM.

Sorot pandang masyarakat akan kejadian itu mewarnai liminasi media sosial pasca kejadian. Sepeda motor yang terbakar saat itu, diketahui jenis Satria FU. Akan tetapi, pada bagian depan pengemudi tepat di belakang kemudi, dimodif ada sebuah tangki BBM dan inipun daya tampungnya melebihi kapasitas motor sejenis pada umumnya.

Kapolres Lumajang AKBP DR MUhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH, membenarkan akan kejadian itu. Pihaknya akan melakukan penyelidikan guna memastikan penyebab kebakaran. “Kami akan melakukan penyelidikan untuk memastikan sebab-sebab terjadinya kebakaran. Agar tidak terjadi di kemudian hari,” kata Arsal.(adi/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler