Hukum & Kriminal

space ads post kiri

Medsos Dibajak, Whatsapp Ketua Bawaslu Kota Batu Digunakan Minta Uang

  • Sabtu, 24 Agustus 2019 | 08:03
  • / 22 Djulhijjah 1440
  • Dibaca : 25 kali
Medsos Dibajak, Whatsapp Ketua Bawaslu Kota Batu Digunakan Minta Uang

Memontum Kota Batu – Akun media sosial para pejabat nampaknya masih menjadi sasaran empuk peretas. Setelah, akun Facebook Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso beberapa waktu lalu kali ini giliran akun Abdur Rochman, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu diretas dan digunakan untuk meminta uang.

Hal itu diketahui ketika peretas mengirim pesan whatsapp ke beberapa temannya, salah satunya Agus Susanto wartawan online surabayapost dengan memakai profil foto Abdur Rochman. Penipu mengirim pesan meminta tolong pinjam uang.

” Assalamualaikum posisi dimana, bisa minta tolong bentar. Tadi ada keluarga yang telpon butuh uang, saya coba kirim tapi m-banking saya error. Bisa pinjam dulu uangnya sebentar, sore saya ganti,” tulis akun yang mengatasnamakan Abdur Rochman, Jumat (23/8/2019).

Karena merasa curiga, Agus menceritakan kepada rekannya pesan whatsapp yang mencurigakan ini dan langsung menghubungi Abdur Rochman.

” Coba hubungi Pak Rochman, kok ada pesan masuk pinjam uang. Jangan-jangan ini dibajak,” ujar Agus.

Benar saja, Abdur Rochman mengaku jika ada beberapa temannya melaporkan kepada dirinya jika ada pesan whatsapp masuk meminta pinjaman uang Rp 3-5 juta. Facebook saya, ungkap Rochman, mulai kemarin malam, Senin (22/8/2019) tidak bisa difungsikan.

“Sebarkan ke teman-teman wartawan dan lainnya ya biar tidak ada korban,” keluh Rochman.

“Mulai tadi malam sampai pagi ini, banyak laporan dari teman Jombang bahkan Tangerang, heboh seJatim mas. Semalam ada temen Bawaslu Trenggalek telepon, karena ragu dia menghubungi saya. Saya katakan itu tidak benar,” sambungnya.

Rochman pun bakal melaporkan masalah ini ke Polres Batu.

” Segera melapor mas, ini masih siap-siap. Sudah tau saya nomornya,” papar Rochman. (bir/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional