Connect with us

Hukum & Kriminal

Maling Wagir Koplo, Sejak 2018 Rajin ke Masjid

Diterbitkan

||

KOPLO : Saipul alias Ipul. (ist)

Memontum Malang – Lebih dari 13 X mencuri, termasuk cukit kotak amal dan rokok di toko seputaran Wagir, pemuda ini akhirnya kualat usai mencuri ponsel seorang guru Sitirejo Kecamatan Wagir. Alih-alih menjadi maling, ia juga menjadi budak pil koplo.

Berdasar rilis pers Humas Polres Malang, maling jadi tersangka ini bernama Saiful Muminin alias Ipul (20), mengaku warga Dusun Tenggulunan RT08/RW03 Desa Mendalanwangi Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Saiful diringkus anggota Reskrim Polsek Wagir – Polres Malang, Jumat (20/9/2019) malam di seputaran warung internet saat tersangka asyik bermain game online.

Penangkapan tersangka berawal dari laporan Okta Silvia Vizani Choirunisa (31) warga Jalan Sitirejo RT08/RW01, Desa Sitirejo. Pada Kamis (12/9/2019) pukul 00.30, Okta melihat sekelebat pria keluar dari rumahnya. Ia sempat tidak curiga dan mengira pria itu adalah adiknya.

Siapa sangka, pria memakai masker dan jaket abu-abu itu adalah maling. Ponsel Xiomi milik korban amblas. Begitu juga 2 ponsel serta uang Rp 300 ribu raib digondol maling.

Kepada petugas, korban menguraikan ciri perawakan tersangka. Alhasil, penyelidikan berbuah hasil. Anggota tidak kesulitan menyergap tersangka dan menyita sejumlah barang bukti.

Diantaranya, jaket yang dipakai saat menjadi maling dan sepeda motor Mio merah. Dalam penggeledahan, petugas juga mendapati 19 pil koplo. Ada indikasi, uang hasil curian dipakai tersangka untuk membeli pil yang merusak syaraf otak itu.

Bareng disidik lebih lanjut, tersangka mengaku menjadi maling sejak 2018. Ia “rajin” ke Masjid untuk mencuri uang kotak amal. Ia mengaku pernah mencuri di masjid Sitirejo, mushola Tenggulunan Mendalanwangi, musala Gang Mawar Tenggulunan, masjid Perumahan Sarimadu Parangargo, masjid Perumahan Permata Asri Parangargo dan musala Santren Mendalanwangi.

Tersangka juga pernah mencuri uang serta tabung gas di TK Bougenville Jalan Raya Sitirejo, uang dan perhiasan di rumdin Puskesmas Wagir Parangargo, Hp di belakang masjid Al Hidayah Mendalanwangi, Hp Samsung dan uang Rp 400 ribu di dalam rumah Gang Mawar Mendalanwangi. Di Gang Mawar, ia beraksi lebih dari 2 x mencuri.

Selain menyasar ponsel, uang kotak amal, tabung gas, tersangka juga mencuri di toko Mendalanwangi Wagir serta toko di Parangargo Wagir. Namanya maling biasanya serakah, tersangka mencuri lebih dari 20 bungkus rokok di masing-masing toko. (sos)

 

Advertisement

Terpopuler