Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Pasca Longsor, Jalan Alternatif Penghubung Kota Batu dan Pacet Lancar Lagi

  • Rabu, 22 November 2017 | 17:57
  • / 3 Rabiul Uula 1439
  • Dibaca : 300 kali
Pasca Longsor, Jalan Alternatif Penghubung Kota Batu dan Pacet Lancar Lagi
BANJIR LUMPUR: Akses Jalan Penghubung Kota Batu - Pacet Mojokerto saat dilakukan pembersihan. Sekarang jalan sudah bisa dilalui dengan normal

Memontum Kota Batu — Pasca diterjang banjir lumpur Selasa (21/11/2017) sore, akses Jl Raya Sumber Brantas Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji tepatnya jalan alternatif penghubung antara Kota Batu dengan Pacet, Kabupaten Mojokerto saat ini, Rabu (22/11/2017) sudah bisa dilalui kembali.

Usai kejadian banjir dan longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Koramil Bumiaji, perangkat Desa Sumber Brantas, Tagana, Garda Relawan dan DKP Kota Batu serta warga sekitar berjibaku membersihkan jalan.

“Saat ini jalan sudah dilalui kendaraan yang melintas, ” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Rabu (22/11/2017) siang. Pembersihan material, tambah Rochim, dilakukan secara manual serta 1 unit alat berat pasca banjir hingga larut malam dengan menyemprotkan air menggunakan alat Dinas Penanggulangan Bicara (DKP).

“Kemarin jalan tertutup lumpur sepanjang 50 meter, tapi sekarang akses sudah lancar, “tegas dia lagi. Rumah terdampak banjir lumpur tercatat sesuai data Pusdalop BPBD Batu, empat rumah terdampak banjir milik Wiji RT 01 RW 06, Slamet RT 01 RW 06, M Fauzi RT 04 RW 05 dan Suliono RT 04 RW 05 (plengsengan rumah ambrol)

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat bencana ini,” imbuhnya. Diduga penyebabnya adalah hujan lebat dan debit air di lahan pertanian warga meningkat pasca hujan yang melanda Desa Sumber Brantas. Akibatnya plengsengan penahan lahan pertanian ambrol tak kuat menahan intensitas curah hujan. Alhasil terjadi banjir lumpur yang mengalir ke pemukiman warga dan jalan raya.

Usai fokus pembersihan akses jalan, hari ini pihaknya fokus ke pendataan dampak kejadian kemarin dan segera kami koordinasikan dengan OPD terkait langkah-langkah penanganan darurat dan pasca bencana selanjutnya. Untuk korban yanh rumahnya terdampak kami beri bantuan kebutuhan dasar.

“Bantuan kebutuhan dasar yang kami berikan seperti kebutuhan bahan pangan untuk warga yang rumahnya terdampak banjir,” pungkasnya. (lih/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional