Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Rampok Antar Kota Berkedok Ulama

  • Selasa, 28 November 2017 | 19:01
  • / 9 Rabiul Uula 1439
  • Dibaca : 274 kali
Rampok Antar Kota Berkedok Ulama
Pelaku curas berkedok ulama saat dirilis

Memontum Surabaya — Tim Subdit III Jatanras Polda Jatim dibawah pimpinan AKBP Bobby Tambunan kembali membekuk 3 pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang kerap beraksi antar kota. Ketiga tersangka tersebut adalah, M Yazid (50), M Yasin (33) dan Samsul (57) berasal dari Kota Pasuruan Jawa Timur.

Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Drs Agung Yuda Wibowo memaparkan,‎ modus operandi para tersangka, dengan cara membujuk korban bertanya alamat dan lain-lain. Untuk menyakinkan korban, para ulama gadungan menggunakan pakaian ulama lengkap beserta surban di kepala.

“Dengan berpura-pura memberikan doa dan ceramah agar korban tercapai segala keinginannya dan jika mempunyai persoalan, maka persoalan tersebut mudah terselesaikan dalam waktu yang singkat,” papar Wibowo saat rilis di balai Polda Jatim, Selasa (28/11/2017).

Setelah melakukan aksinya, masih kata Wibowo, tersangka meminta imbalan seikhlasnya, apabila korban tidak bersedia memberikan barang berharga maupun uang, maka langkah yang dilakukan tersangka dengan cara merampas barang berharga milik korban dengan cara paksa.

“Namun aksi tipu muslihat tersebut dapat Kami gagalkan setelah aksinya menipu korban SM (84) di depan rumah yang dilengkapi CCTV pada 18 November kemarin di Jember,” pungkasnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Memo X, sementara dari data yang diterima oleh polisi, ada 16 TKP yakni Trenggalek, Blitar, Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Madiun, Malang dan sekitarnya. Tersangka juga dalam mejalankan aksinya menggunakan sarana mobil rental berganti-ganti dan sudah dijalani selama 2 tahun lamanya. Kini para para tersangka dapat sudah diamankan sekaligus barang bukti seperti mobil Avanza, perhiasan, dan uang tunai termasuk pakaian ulama serta surban yang digunakan untuk melakukan aksinya. (rhm/nhs/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional