Hukum & Kriminal

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
space ads post kiri

Jembatan Putus Diterjang Banjir Bandang, Warga Satu Desa Terisolir

  • Senin, 8 Januari 2018 | 21:56
  • / 20 Rabiul Akhir 1439
  • Dibaca : 256 kali
Jembatan Putus Diterjang Banjir Bandang, Warga Satu Desa Terisolir
Jembatan penghubung desa kalirejo dan Sumber Argo putus akibat di terjang banjir bandang.(yud)

Memontum Situbondo — Jembatan penghubung Desa Kalirejo dan Desa Sumber Argo, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo terputus. Jembatan ini dibangun pada tahun 2008 silam menggunakan bantuan dana PNPM. Terputusnya jembatan penghubung dua desa ini, menyebabkan warga di Desa Sumber Argo terisolir.

Data yang dihimpun Memontum.com, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo menyebutkan. Tiga desa yang terkena dampak bencana banjir di Kecamatan Sumbermalang, masing-masing Desa Kalirejo, Desa Sumber Argo dan Desa Taman Kursi.

Banjir bandang itu terjadi setelah terjadi hujan lebat sekitar tiga jam. Sungai glindung yang tak mampu lagi menampung debit air akhirnya meluap, hingga menggenangi areal persawahan dan membuat sejumlah lokasi mengalami tanah longsor. Debit sungai yang tinggi menyebabkan satu jembatan terputus.

“Jembatan ini menjadi akses alternatif menuju desa atau dusun lainnya. Akibat terputusnya jembatan tersebut, warga terutama yang bekerja di luar dan anak sekolah terhambat. Warga terpaksa harus memutar arah perjalanan dengan jarak kurang lebih 10 kilometer,” ujar Kepala Dusun Glindung Desa Kalirejo, Muhammad Fadal saat diwawancarai Memontum.com, Senin (8/1/2018) sore.

Sebelumnya lanjut dia hujan sudah mengguyur daerahnya selama 3 jam. Derasnya aliran sungai kemudian menggerus pondasi jembatan. Ia berharap agar jembatan tersebut segera diperbaiki sehingga warga Desa Sumber Argo dan Desa Kalirejo bisa beraktivitas normal seperti biasa. (yud/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional