Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Proyek Bangunan Puskesmas Kalibaru Roboh, Diduga Salah Perencanaan Konstruksi

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 07:57
  • / 3 Safar 1439
  • Dibaca : 468 kali
Proyek Bangunan Puskesmas Kalibaru Roboh, Diduga Salah Perencanaan Konstruksi

Memontum Banyuwangi — Diduga dalam perencanaan ada kesalahan, proyek bangunan gedung puskesmas kecamatan Kalibaru roboh saat masih dalam pengerjaan dan mengakibatkan luka-luka beberapa pekerjanya. Proyek yang dikerjakan oleh CV Indah Sentosa itu mamakai anggaran APBD kabupaten Banyuwangi sebesar Rp 204 juta dan direncanakan selesai pada 23 Desember 2017.

Hal itu terjadi saat para pekerja sedang menaikkan genteng sebagai atap bangunan pada hari Minggu (22/10/2017) siang. Tanpa sebab yang jelas tiba-tiba bangunan runtuh ke bawah. Menurut warga yang kebetulan berada dekat dengan puskesmas Kalibaru mengaku mendengar suara keras dari lokasi proyek dan setelah mendekat melihat bangunan yang sedang dikerjakan telah rata dengan tanah.

“Saya mendengar suara keras Mas. Saat saya lihat ternyata proyek bangunan di dalam puskesmas yang roboh”, tutur salah satu warga yang tidak mau namanya dikorankan.

Sedangkan saat Rizki Kurniawan SH yang merupakan dedengkot LSM BLAK (Blambangan Anti Korupsi) diminta berkomentar atas kejadian ini mengatakan, jika pihaknya menyayangkan kinerja dari konsultan dan pengawas dinas yang semestinya bisa mengantisipasi dini. Sehingga kejadian bangunan roboh seperti itu bisa diantisipasi.

“Sekarang ini banyak ditemukan oknum konsultan yang bekerja tanpa CV yang jelas. Bahkan banyak dari mereka bekerja hanya dengan meminjam bendera CV lain. Sehingga dengan legalitas itu dinas harus juga menanyakan keabsahan konsultan tersebut”, ujar Rizki saat ditemui di kediamannya.

Rizki juga menambahkan dalam kasus robohnya proyek bangunan puskesmas Kalibaru, pihaknya menduga ada kesalahan dalam perencanaan kontruksinya.

“Coba sampean tanya konsultan dan pengawas proyeknya Mas. Kalau benar dugaan saya, kejadian ini akan segera saya sikapi secara kelembagaan,” tambah Rizki dengan tegas.

Sayangnya hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi kepada masyarakat dan pers, dari pihak konsultan maupun pengawas proyek bangunan tersebut. (har/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional