Hukum & Kriminal

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
space ads post kiri

Tanam Trembesi, Sun City di KO Petani

  • Kamis, 1 Februari 2018 | 18:44
  • / 15 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 240 kali
Tanam Trembesi, Sun City di KO Petani
Perwakilan Sun City Group (baju putih), Riswanda saat menyampaikan pidatonya pada petani Kelurahan JuwetKenongo di hadari Forkopimka Porong (gus)

Memontum Sidoarjo — Setelah dua hari petani kelompok Tani Kenongo Indah dan Gapoktan Kelurahan JuwetKenongo, Kecamatan Porong, melakukan aksi demo dilahan seluas 4 Ha, akhirnya Kamis (1/2/2018) pihak Sun City Group menemui para petani di kantor kelurahan setempat. Acara dihadiri UPTD Pengairan, Forkopimka Porong. Hasilnya Sun City mensepakati tidak akan menanam pohon trembesi sesuai tuntutan petani.

Kepala Kelurahan Juwet Kenongo, Munika menjelaskan rapat antara petani dengan pihak pengembang Sun City Group sekitar pukul 10.00 WIB. Hasilnya,seperti apa yang diharapkan petani. Yakni Sun City mensetujui dan mensepakati, bahwa lahan sawah tersebut tidak lagi ditanami pohon Trembesi.

Sun City sanggup mengikuti,pola tanam padi, palawija, yang dilakukan petani. Terkait persoalan lahan yang dimiliki. Pihak Sun City akan dikelola sendiri. Namun tetap mengikuti tata cara, pola penanaman padi yang dilakukan petani.

Persoalan jual beli atau pembebasan lahan sawah atau tanah pekarangan dan lainya, warga segera memberitahukan,dan melaporkan kepada pemerintahan kelurahan meski tanah itu bersertifikat. Agar kedepannya tidak bermasalah seperti saat ini, minimal nantinya dapat mengiventaniser tanah lebih mudah.

( baca juga : Petani Juwet Kenongo Tolak Tanaman Trembesi Sun City Mall )

Sementara itu , Riswanda, perwakilan Sun City mengatakan apa yang menjadi tuntutan petani, untuk tidak menanam atau pembibitan pohon Trembesi di lahan sawah disepakati.

‘Kedepan sawah yang baru saja dibeli, tidak akan disewakan melainkan di kelola sendiri. Pada intinya, kami akan menuruti permintaan petani,’ jelasnya

( baca juga : Petani Juwet Kenongo Usir Pekerja Sun City yang Tanam Trembesi di Sawah )

Terpisah, Kapolsek Porong Kompol Adrial menegaskan Sun City, tidak akan menyewakan lahan yang sudah dimiliki. Dan pihak Sun City akan menanam padi, sesuai prosedur yang ada di pertanian. ‘Untuk penanaman pohon Trembesi ditiadakan dan tidak ada penanaman. Hasil keputusan rapat, disepakati Sun City yang akan mencabut pohon Trembesi yang sudah terlanjur ditanam,’ pungkasnya (gus/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional